Cara mengatasi penyakit MIO J dengan manual...
Assalamungalaikum...
Salam kenal sobat..,
Disini mau menceritakan pengalaman selama saya menjadi montir atau jasa perbengkelan motor roda dua baik memperbaiki atau men service motor.
Pertama aku mendengar bahwa sekarang motor pengeluaran memakai sistem INJEKSI
kata teman seprovesi sistem injeksi tidak dapat di service dengan manual. pikirku masa buatan manusia ko bisa memerintah manusia atau bikin ribet . Emang alat injeksi yang berada dalam tangki kalau sudah rusak atau ngga bisa memompa lebih baik harus diganti.
Untuk mengatasi yang lain atau kerusakan karena suara mesin; ngadat,mesin matian ,suara kenceng terus bengkel bengkel kecil biasanya takut untuk memperbaiki,harus dibawa kediler resmi. Tapi banyak orang dusun apalagi tempat aku, katanya lo di bengkel resmi rusak dikit ganti ini,itu harus ganti.. itu si kata tetangga..
Tenang sobat... dari pengalaman saya...
Ini kasusnya tentang mio j engga bisa langsam atau suara mesin ga bisa kecil dan berakibat bensin boros baneeet...
Setelah aku telusuri pakai indra pendengaran heee.. ternyata penyakitnya ada pada
ISC ( Idle Speed Kontrol ) yang terletak pada bodi thortel yang eda soket mempunyai 3kabel.
aku buka ISCnya aku bersihin sama katembad atau korek kuping dibasahi bensin.
ISC ( Idle Speed Kontrol ) bekerja mengontrol angin yang masuk kedalam.
ISC ini bekerja atas perintah ECU. ECU cara basaku adalah sama saja dengan otak yang memerintahkan atau mengontrol sistem kelistrikan.
Cara kerja ISC ini apabila kontak di ONkan dia akan berputar masuk kedalam dan apa bila kontak di OFFkan dia akan berputar sebaliknya.
ISC ini menurut aku kalau disamakan dengan kerburator motor kerjanya mengatur masuknya angin.
Apabila motor mioj terjadi hal hal seperti:
Mesin ngadat
Mesin matian
Mbeker g bisa pelan suaranya
Kemungkinan besar biasanya motor udah ada tambah alat alat fariasi yang berhubungan dengan kelistrikan jadi akan berakibat ECUnya tidak bisa mengontrol apa yang udah di updet didalamnya menjadi kacau,akhirnya akan menyebakan ISCnya berubah.
Apabila kontak dihidupka dan dimatikan memutarnya gak setabil lagi akhirnya menyebabkan mesin matian , ngadat , suaranya engga mau pelan dan kalau di bawa jalan terasa bergetar dan kasar. untuk menangani ini sebaiknya dibawa kediler resmi untuk penyetelan ulang atau di reset ulang. Pengalamanku kalau motor injeksi sudah di bikin fariasi terutama pada mio J pertama di reset mesin enak di pakai jalan lama kelamaan akan kembali semula motor banyak problem yang seperti biasa ngadat, ini, itulah..
Aku sebagai montir otomatis penasaran ingin tau dan harus bisa menjinakan penyakit yang seperti ini dengan caraku sendiri.
CARA ISC DI BUAT MANUAL aku lepas bodo thortle dan aku lepas juga alat ISCnya.
kemudian aku lepas alat yang seperti pluru (ujung sensor), masukan alat sensornya yang menempel pada ISC alat ini yang memutar masuk apabila kontak di nyalakan dan memutar balik apabila kontak di matikan.
Jangan lupa per yang ada didepanya di masukan seperti biasa cuman alat yang untuk memutar jangan dipasangkan. kita buat tempat peyetelanya memakai baud yang bisa memutar supaya bisa untuk mendorong masuk apa bila di kencangkan dan otomatis balik karena dalamnya ada per apabila baud di kendorkan, atu buat seperti baud penyetelan kopling. setelah selesai kita pasang lagi bodi thortlenya kendorin dulu baud supaya alat yang didalamnya ga terlalu masuk dan mudah bunyi apabila mesin dihidupkan. kemudian setelah binyi kita mualai mengatur rpm atau suara mesin yang kita inginkan. waktu penyetelan lampu dihidupkan cari suara mesin yang paling pelan dan ga matian. putar baud kekiri kanan untuk mencari suara mesin yanmg setabil. kemudian kunci baud dengan mur supaya tidak lepas atau memutar sendiri.
trik ini sudah aku buktikan sendiri alhasil memuaskan mtor kembali normal dan dipakai waktu jalan mesin halus udah tidak kasar lagi dan yang penting bahan bakar tambah irit.
catatan: alat yang untuk memutar yang ada kabal 3 kita bunkus dan tetap soket dipasang, bungkus dengan plastik atau apa yang pentik usahakan bisa tetap memutar, karena untuk menjaga lampu indikatornya tetap normal.
itulah sekilas pengalaman saya memperbaiki mio j. untuk tau lebih banyak klikwww.ioneblogaodes.blogspot.com
Sertain gambarnya ding om
ReplyDeleteKabelnya 4 om
ReplyDeletegambarny mana gan
ReplyDeleteSuhuu xride kodenya 37 terus tanya tanya katanya sistem isc bermasalah, kira-kira kalo di bawa ke beres berapa? 30k juga ga?
ReplyDeleteSuhuu xride kodenya 37 terus tanya tanya katanya sistem isc bermasalah, kira-kira kalo di bawa ke beres berapa? 30k juga ga?
ReplyDeletemau nanya gan motor gue mio gt gak ada api bro,gue strter juga nga ad bro sama injeksinya jga ngga nyala padahal udah ganti aki,gue nyoba test kbel masa dri ecu ngga ada bro, mohon sarannya dong bro, thanks
ReplyDeleteGan, ane mau tanya. Per isc ane ilang gara2 diservice montirnya ga bener. Itu bisa diganti pake per apa ya? Atau kalo ada yg jual per nya aja dimana ya? Thanks
ReplyDeleteKabel yang dari ecu ke isc buat apa bos? Bukankah fungsi isc kaya chuck dikarburator y,cuma diatur oleh ecu.
ReplyDeletetolong kasih gambar nya juga gan biar lebih jelas nya
ReplyDeleteIni cerita ngasal kayaknya.. Bukti pemasangan baut gak ada..
ReplyDeleteBaut d pasang d mananya...???
Ini mekanik keleng kaleng mungkin
ReplyDeletebro
Gak jelas
ReplyDeleteUntuk Info Saja, ikut Logika dan Sistim injeksi, jika motor ISC dibuang, maka kabel dari ECU ke ISC tidak Terhubung, alhasil LED indikarltor Terus Berkedip, Walaupun Mesin Normal kemungkinan tidak akan bertahan lama, malah bisa berakibat fatal pada ECU dll, saran mending diganti ESC baru Biar tidak ada kendala yang lebih besar di kemudian hari, harganyapun tidak terlalu mahal kisaran 50-80rb
ReplyDeletesayang kan gara2 hal sepele bisa keluar biaya lebih banyak.
terimakasih.